Keindahan dalam tari jaipong

                        Keindahan Tari Jaipong
seperti keindahan pada tari jaipongan dengan selendangnya itu, tari jaipongan banyak digemari oleh masyarakat luar. tariannya itu bagus buat contoh bangsa indonesia .
Tari Jaipong atau di sering kita sebut Jaipongan adalah sebuah seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman asal bandung.Karya Jaipongan pertama yang mulai dikenal oleh masyarakat adalah tari “Daun Pulus Keser Bojong” dan “Rendeng Bojong” yang keduanya merupakan jenis tari putri dan tari berpasangan (putra dan putri)daya tarik tarian tersebut sangat luwes dan dinamis dengan tubuh yang seksi bisa memikat para lelaki yang sedang menonton.
Musik jaipongan terdapat dari daerah musik bandung yang enak didengar Diiringi oleh untaian musik bernada menghentak yang harmonis. dengan gerakan yang tidak kaku tari jaipongan ini makin nyaman untuk dilihat penonton/audience.tata busana tari jaipongan banyak kreasi di desain baju wanita, ada berwarna kuning, hijau dll Dengan tetap memakai pola tradisional seperti sinjang / celana panjang , kebaya / apok yang busananya lebih banyak ornamen sehingga terlihat megah tetapi lebih bebas bergerak.Kehadiran tari Jaipongan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap para pencinta seni tari untuk lebih aktif lagi menggali jenis tarian rakyat yang sebelumnya kurang di perhatikan. Dengan munculnya tari Jaipongan ini mulai banyak yang membuat kursus-kursus tari Jaipongan
Nilai estetis Tari Jaipong sebenarnya tak hanya akan mengingatkan orang pada sejenis tari tradisi Sunda yang atraktif dengan gerak yang dinamis. Tangan, bahu, dan pinggul selalu menjadi bagian dominan dalam pola gerak yang lincah, diiringi oleh pukulan kendang. Terutama pada penari perempuan, seluruhnya itu selalu dibarengi dengan senyum manis dan kerlingan mata. Inilah sejenis tarian pergaulan dalam tradisi tari Sunda yang muncul pada akhir tahun 1970-an yang sampai hari ini popularitasnya masih hidup di tengah masyarakat.
Kelahiran Tari Jaipong pun menginspirasi para penggerak seni tari tradisional untuk lebih aktif lagi menggali jenis tarian rakyat yang sebelumnya kurang mendapat perhatian. Kemunculan jenis tarian ini juga membuka lahan usaha bagi para penggiat seni yang membuka kursus untuk belajar Tari Jaipong. Sementara pengusaha hiburan malam memanfaatkan Tari Jaipong untuk memikat pengunjung tempat usahanya.
Di samping itu semua, Jaipongan juga merupakan sebuah sarana untuk menyampaikan kondisi suatu masyarakat dan budayanya. Tarian ini cenderung dijadikan media untuk menyampaikan aspirasi yang mungkin sulit diucapkan lewat perkataan. Jika perempuan begitu sulitnya menyatakan bahwa mereka ingin keluar dari belenggu stereotype sosok perempuan yang ideal, serta aturan mengikat yang membatasi ruang gerak, maka mereka bisa mengaspirasikannyaa lewat gerakan, dan dalam tataran Sunda, gerakan dalam Jaipongan lah yang bisa menyampaikannya.
Secara menyeluruh, gerakan dalam Jaipongan telah menggambarkan perempuan Sunda masa kini yang enerjik, penuh semangat dan tidak pantang menyerah, ramah, genit, berani, gesit dan lincah, namun tetap kuat dan santun. Ini secara langsung mengubah stereotip lama soal perempuan Sunda cantik-cantik tapi malas. Paras menawan dan lekuk tubuh yang indah merupakan aset dan daya tarik yang akan selalu menonjol dari para penari Jaipong. Dari hal tersebut tersirat sebuah pesan bahwa di balik keanggunan serta kelembutan perempuan Sunda, terdapat juga keinginan untuk menjadi diri sendiri tanpa terkekang oleh pandangan orang-orang. Tari Jaipongan juga memiliki makna bahwa perempuan sebaiknya tak selalu dinilai hanya dari luar berdasar stereotype budaya lama yang telah melekat pada bangsa ini.
Keunikan tarian jaipong ini adalah iringannya yang sangat indah dan gerakan sang penari yang sangat lihai dalam memadukan antara estetika dan bela diri, keunikan yang lain adalah busana yang dipakai oleh penari, penari tersebut memadukan antara budaya jawa barat dan juga budaya tionghoa, dan yang memberi rasa rasa tionghoa dalam batik Indonesia, alat musik yang digunakan juga bukanlah alat musik yang modern, bukan lah alat musik yang menggukan speaker atau sound system, tetapi mereka menggunakan alat musik yang sederhana dan alat musik yang bisa dibilang tradisional seperti gendang, gong dan alat musik lainnya. Keunikan yang lain adalah biasanya banyak tarian yang hanya dilakukan dalam kalangan wanita, namun pada dasarnya tarian ini bisa dilakukan secara berkelompok atau berpasangan. Ada banyak macam macam gerakan di tari jaipong ini, dan kerap tarian ini dilakukan dalam konteks yang humoris dan membuat para penonton mendatangkan tawa geli waktu menonton tarian indah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kostum, Alat, dan Ciri Tari Jaipong

Peran Penting Jaipong