Kostum, Alat, dan Ciri Tari Jaipong

Kostum Tari Jaipong





Busana atau pakaian yang dikenakan penari saat pementasan sangat beragam. Busana pada tari  tradisional dan tari gaya baru terdapat perbedaan corak. Tetapi busana yang dikenakan saat pentas tetap busana tradisional seperti:

1. Sinjang

Walaupun saat ini sudah banyak kreasi dari busana tarian ini. Tetapi pada awalnya busana yang dikenakan adalah kain yang menyerupai celana panjang. Celana panjang inilah yang disebut Sinjang.

2. Sampur

Kain panjang menyerupai selendang yang diletakkan di leher penari ini disebut dengan sampur. Kain tersebut merupakan properti utama dalam tarian ini, karena pada setiap gerakan pasti memainkan sampur. Penari memainkan sampur dengan lemah gemulai membuat tarian  ini unik dan selalu diminati banyak orang.

3. Apok

Apok merupakan baju atasan para penari. Busana ini juga memiliki kancing sepeti pakaian pada umumnya. Apok dihiasi dengan bordiran bunga – bunga yang terdapat pada sudut – sudut pakaian.

Alat Musik Pengiring Tari Jaipong





Alat musik akan menjadi panduan penari dalam mementaskan seni tari. Tarian ini diiringi musik dan lagu dalam tempo yang cepat, dan didominasi oleh alat musik gendang. Selain alat musik gendang ada juga alat musik lain yang mengiringi tarian ini, antara lain:

1. Gendang

Gendang atau kendang adalah alat musik yang sering dimainkan pada saat pementasan kesenian dari Jawa Tengah dan Jawa Barat. Alat musik ini dimainkan secara di tabuh. Gendhang dimainkan untuk mengiringi tarian ini dengan tempo penabuhan yang cepat, sehingga membuat penonton mudah terbawa dan menikmati tarian ini.

2. Rebab

Rebab merupakan alat musik pelengkap pada tarian ini. Alat musik ini terdiri dari 3 senar dan dimainkan dengan cara dipetik. Dengan adanya alat musik rebab, membuat tarian ini semakin hidup.

3. Gong

Gong adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul. Alat musik ini memiliki suara khas yaitu dentuman yang keras. Gong dipukul pada hitungan tertentu untuk mengiringi tarian ini.

4. Kecrek

Selain untuk mengiringi tarian ini, alat musik kecrek adalah perkusi yang sering digunakan pada pementasan wayang kulit. Crek crek crek, kurang lebih seperti itu bunyi dari alat musik kecrek. Alat musik ini berfungsi untuk memberi aba – aba pada iringan tari.

5. Kecapi

Sama halnya dengan tarian ini, kecapi merupakan alat musik yang berasal dari Sunda. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Sumber suara yang diperoleh berasal dari dawai. 

Saat kita ingin mengenali tentang Tari Jaipong, kita harus mengetahui bagaimana ciri-cirinya, berikut adalah ciri ciri dari Tari Jaipong : 

Ciri-Ciri Tari Jaipong






tari jaipong


Berikut ini beberapa ciri-ciri tari jaipongan yang sangat menonjol:
  1. Memiliki gerakan yang luwes dan selaras dengan musiknya yang didominasi oleh hentakan suara kendang. 
  2. Pada tarian jaipong, gerakan yang ditunjukkan lebih mengandalkan pada kekuatan dan kelenturan otot, sehingga selalu terlihat energik dan penuh semangat.
  3. Penari dalam tari jaipongan tidak terbatas hanya untuk perempuan saja tetapi juga bisa dilakukan oleh pria. Bahkan banyak juga yang menampilkan tari jaipongan secara kelompok campuran pria dan wanita.
  4. Jumlah penarinya biasanya bervariasi, ada yang dibawakan dengan 2 orang, 3 orang, atau bahkan lebih dari sepuluh. Hal yang dituntut dalam tari jaipongan secara kelompok adalah keselarasan gerakan dengan irama musik dan juga kesatuan gerak yang kompak dan dinamis.
  5. Dari segi kostum, kostum para penari jaipong mempunyai karakter warna yang terang dan mencolok tapi sangat indah dan serasi dengan irama musiknya. Umumnya warna-warnanya yaitu kuning emas, merah, biru terang.
  6. Memiliki motif yang berkonsep pada alam, misalnya motif bunga atau daun dengan keindahan bentuk dan variasinya.
  7. Bentuk kostum mengikuti lekuk tubuh para penarinya sehingga memunculkan kesan yang sedikit fulgar, seksi, dan juga eksotis. Hanya saja pada dasarnya hal ini bertujuan untuk menyelaraskan musik, gerakan, dan juga kostum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Penting Jaipong

Keindahan dalam tari jaipong