Apresiasi Terhadap Keunikan Tari Jaipong

        Apresiasi Terhadap Keunikan Tari Jaipong
Apresiasi tari adalah usaha memahami usaha terhadap tari secara menyeluruh isi atau maksud karya seni tari yang di ciptakan. Apresiasi merupakan usaha yang menangkap maksud-maksud yang terkandung dalam suatu karya tari, atau usaha mencari atau menggali nilai-nilai yang terkandung dalam suatu karya seni, apresiasi  dikatakan berhasil apabila suatu karya seni komunikatif terhadap maksud dari pihak seniman penciptanya dan pihak apresiator atau pengamat penikmatnya. 
Keunikan suatu karya tari dapat di lihat dari hasil karya dan penampilannya yang berupa gerak lalu di padukan dengan unsur-unsur pendukug nya. Untuk dapat mengapresiasi karya tari tentunya harus dapat melihat pertunjukkan karya seni tari. Maka amatilah semua unsur tari yang ada di dalam pertunjukkan itu.  Jika kamu teliti maka kamu akan menemukan keunikkan nya.
FUNGSI DAN TUJUAN APRESIASI TARI
Fungsi daripada apresiasi tari yaitu memberikan sebuah penghargaan,kenikmatan,penilaian terhadap seni tari atau kesadaran terhadap seni tari. Penilaian fungsinya untuk mencari nilai-nilai seni tari, memahami isi dan pesan serta mengadakan perbandingan-perbandingan sehingga  mendapatkan kesimpulan. Dalam proses apresiasi karya seni akan menimbulkan rasa puas,kecewa,dan senang serta lain sebagainya kepada penikmat. Apresiasi tari mempunyai tujuan untuk mendapatkan pengalaman estetis  yang di dasari pada pengalaman si pengamat dalam kesanggupan menerima karya seni yang terarah  dan bertujuan di dapat dari seni murni atau seni pakai.  Setiap karya tari pasti mempunyai keunikan yang sangat berbeda beda. Keunikan itu tidak hanya di lihat dari gerak atau iringan serta bukan dari busana nya. Namun ada juga karya seni tari yang mempunyai keunikan dari properti nya yang di gunakan. Sebagai contoh ada tarian yang pada awal pertunjukkan menggunakan gendewa atau yang di sebut dengan (busur)dapat berubah menjadi properti yang berupa kipas.
Jaipong boleh di sebut sebagai salah satu identitas kesenian jawa barat, hal ini nampak pada beberapa acara-acara penting  yang berkenaan dengan tamu negara asing yang datang ke jawa barat, maka di sambut dengan sambutan tarian jaipong dari jawa barat. Demikian pula dengan misi-misi ke mancanegara dengan senantiasa  di lengkapi dengan tarian jaipong. Tari jaipong dapat memegaruhi kesenian-kesenian lain yang berasa pada masyarakat jawa barat. Baik pada seni pertunjukan wayang degung,genjring,atau terbangan. Kecapi jaipong dan hampir semua pertunjukkan rakyat maupun pada musik dangdut modern yang di kolaborasikan dengan tari jaipong jawa barat menjadi kesenian pong-dut.
Tari jaipong adalah tarian yang menggambarkan perempuan sunda kekinian yang energik. Gerakan jaipong yang altraktif mampu menunjukkan bahwa perempuan sunda adalah perempuan yang penuh dengan semangat,penuh perjuangan,lincah,dan ramah. Di balik kelembutan tari jaipong terdapat gerakan-gerakan gesit "jalingkak" nan indah sebagai ungkapan karakter perempuan  sunda kekinian.
Budaya dasar di indonesia mempunyai keanekaragamaan kesenian yang di miliki oleh bangsa indonesia. Itu merupakan kekayaan indonesia yang tidak ternilai harganya salah satunya adalah kesenian tari jaipong di jawa barat. Kesenian tari jaipong memiliki ciri khas tersendiri dengan tarian-tarian unik seperti irama,goyangan,pakaian,dan lainnya tari ini termasuk jenis pergaulan tradisional masyarakat sunda jawa barat yang cukup sangat populer di indonesia. Budaya adalah daya dari budi berupa cipta karsa dan rasa. Sebagai geberasi penerus bangsa kita harus mengetahui dan mempraktekan kesenian yang berada di indonesia yang patut untuk di jaga serta untuk di lestarikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kostum, Alat, dan Ciri Tari Jaipong

Peran Penting Jaipong

Keindahan dalam tari jaipong