Fungsi Tari Jaipong

Fungsi Tari Jaipong
Peran atau fungsi dari  Tari Jaipong adalah sebagai sarana komunikasi antar manusia, juga menjadi wahana untuk menghibur masyarakat karena banyak budaya asing masuk ke Indonesia. Jaipongan adalah jenis tarian sosial tradisional orang Sunda, Karawang, Jawa Barat, yang sangat populer di Indonesia.
Sebuah kesenian karya putra bangsa yang satu ini memang wajib kita akui sebagai salah satu karya besar di bidang seni budaya.
Berikut fungsi tari jaipong:
Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa fungsi tarian jaipong dalam ringkasan memiliki 2 fungsi sebagai berikut:

- Menjadi Hiburan Sekaligus Ajang Komunikasi

Beberapa acara yang dimulai dari upacara adat hingga pentas seni membuat orang merasa terhibur dengan keberadaan Jaipongan. Perkumpulan orang-orang di satu tempat akan mudah untuk bertukar informasi dalam komunikasi.
Karena itu, seni yang diperkenalkan oleh Gugum Gumbira kepada masyarakat Sunda bisa menjadi hiburan yang menarik di tengah maraknya hiburan modern yang telah muncul.

- Menjadi salah satu kesenian andalan dari Jawa Barat

Sebagai kesenian andalan Jawa Barat, Jaipongan dapat menjadi salah satu ikon untuk mempromosikan kekayaan daerah di dunia luar, baik secara nasional maupun internasional.
Sebut saja Bandung sebagai tempat pengembangan seni ini secara tidak langsung mendapat manfaat besar dari nama tarian Jaipongan.
Tidak mengherankan jika sejak tahun 90-an atraksi wisata di Bandung meningkat perlahan, sampai batas tertentu hal ini disebabkan oleh keingintahuan masyarakat luar terhadap daerah Bandung yang mengiringi nama tarian jaipong.

Makna Tari Jaipong

Makna Tari Jaipong
Secara umum, gerakan di Jaipongan menggambarkan wanita Sunda saat ini yang energik dan tidak pantang menyerah, ramah, genit, berani, mandiri, lincah, dan bertanggung jawab, tetapi masih santun.
Ini secara langsung mengubah stereotip lama tentang wanita Sunda yang cantik tapi malas. Parasit cantik dan lekuk tubuh yang indah merupakan aset dan daya tarik yang akan selalu menonjol dari para penari Jaipong.
Dari sini, itu menyiratkan pesan bahwa di balik keanggunan dan kelembutan wanita Sunda, ada juga keinginan untuk menjadi diri sendiri tanpa terhambat oleh sudut pandang orang.
Tarian Jaipongan juga berarti bahwa perempuan tidak harus selalu dinilai hanya dari luar berdasarkan stereotip budaya lama yang telah melekat dengan bangsa ini.

Keunikan Tari Jaipong


Keunikan Tari Jaipong
Bangsa Indonesia memang dikenal sebagai negara yang tidak hanya kaya akan hasil bumi tapi juga kaya akan kebudayaannya. Mulai di bidang seni tari, seni sastra, seni rupa (seni rupa terapan & seni rupa murni), seni musik, seni bangunan dan lain sebagainya.

Keunikan tari jaipong yang sangat menonjol adalah gerakan tariannya yang sangat enerjik ditambah kostumnya yang mencolok. Bagi kalian yang pernah menonton pertunjukan tari jaipong pastinya sudah mengetahui bahwa tarian yang satu ini sama sekali tidak membosankan. Meskipun tari tradisional tapi tari jaipong disukai oleh hampir semua kalangan umur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kostum, Alat, dan Ciri Tari Jaipong

Peran Penting Jaipong

Keindahan dalam tari jaipong