Pola Lantai Tari Jaipong

                     Pola Lantai Tari Jaipong
Pola lantai tari jaipong merupakan panduan daripada gerakan seni tari yang di bawakan oleh penari saat di bawakan pertunjukkan langsung dengan memakai panggung. Tari yang di bawakan biasanya untuk mengisi acara adat masyarakat dan acara resmi pemerintah setempat. Bisa di terapkan dalam rangka memperingati momen hari tertentu atau dalam acara syukuran. Masing-masing tarian daerah nusantara memiliki ciri khas. Salah satu yang membuat nya berbeda dengan tarian daerah lain adalah pola lantai.
Tari jaipong,yang di bawakan oleh sekelompok penari perempuan di atas panggung mengikuti pola tertentu agar seluruh gerakan teratur,dari awal hingga akhir pola inilah yang di lihat dari penari untuk memunculkan gerakkan tarian yang kompak pola ini ada kaitannya dengan saat penguasaan panggung sehingga tarian semakin menarik untuk di tonton.
Pada pola lantai tari jaipong sudah bisa dipastikan tidak sama dengan tarian lainnya.meskipun ada tarian yang sama sama dari jawa barat. Belum tentu mempunyai gerakan pola lantai yang sama. Siapa yang tidak kenal dengan tarian jaipong?kalian pasti sudah mengenalnya. Tari jaipong termasuk aset budaya indonesia yang harus terus dijaga dan di lestarikan sampai kapanpun. Konon, lahirnya tarian jaipong itu dari seorang seniman bandung yang dikenal dengan nama gugum gumbira. Seniman ini menaruh perhatian besar pada kesenian rakyat khususnya dalam seni tari. Gugum gumbira memang sangat pengenal pola pola dalam gerakan tarian.
Seperti apa saja pola lantai dalam tarian jaipong? Masyarakat indonesia dan jawa barat khususnya patut berbangga dengan adanya tarian jaipong ini sebagai salah satu tarian daerah yang sangat amat terpopuler di daerah sejawa barat ini. Bagi kalian yang sudah menyaksikan tarian jaipong ini pasti akan sangat terpukau dengan melihat penarinya gerakan gemulai lenggak-lenggok pinggul penari nya menjadi ciri khas tersendiri dari tarian ini.
Ketika awal muncul nya tari jaipong ini disebut dengan ketuk tilu perkembangan tarian ini memang dikembangkan dari tarian ketuk tilu. Maka dari itu pada kesempatan ini kita akan coba mengenal lebih dekat lagi tentang ciri khas dari tarian jaipong tentang pola lantainya. Jika anda sudah mengetahui nya,silahkan sampaikan tentang apa saja pendapat anda tentang tarian ini.
Macam pola lantai dalam tarian tradiaional:
1. Pola lantai Horizontal, mengenai maksud dari pola lantai ini ialah para penari berbaris membentuk garis lurus ke samping.
2. Pola lantai Vertikal lurus, adalah maksud dari pola lantai ini adalah penari membentuk garis memberikan kesan termasuk kesan dari pola lantai vertikal adalah sederhana tetapi kuat.
3. Pola lantai Diagonal, pola lantai diagonal memiliki maksud yaitu pola lantai ini penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri atau juga bisa sebaliknya.
4. Pola lantai garis melengkung, yang terakhir ini adalah pola lantai garis melengkung(melingkar) dan banyak dipakai pada tari rakyat dan tari tradisi. Pola lantai ini memberikan kesan yang lemah lembut
Masuk kemanakah pola lantai dalam tarian jaipong? Dari informasi yang di dapat bahwa pola tari jaipong termasuk kedalam pola lantai garis lurus (Vertikal)dan zig-zag. Seiring berjalan nya waktu apakah mungkin terjadi perubahan pada pola lantai dalam tari jaipong? Pada akhirnya kami sadar bahwa masuk kedalam mana kategori mana pola lantai tari jaipong . Yang masuk kedalam pola lantai garis lurus dan zig-zag.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kostum, Alat, dan Ciri Tari Jaipong

Peran Penting Jaipong

Keindahan dalam tari jaipong