Pengertian Tari Jaipong dan Pencipta Tari Jaipong



Pengertian Tari Jaipong


Jaipongan atau tari jaipong merupakan sebuah kesenian tari tradisional khas Jawa Barat dan sangat poopuler di Indonesia. Tari ini juga merupakan gabungan beberapa seni tradisional Jawa Barat seperti pencak silat, ketuk tilu, wayang golek, dan sebagainya.

Tari jaipong berasal dari daerah Jawa Barat, yaitu Karawang. Dimana Karawang merupakan tempat pertama kali dikenalkannya tari jaipong.
Di dalam pertunjukkannya, tarian ini umumnya dimainkan oleh para penari baik secara perorangan, berpasangan ataupun secara berkelompok.

Gerakan di dalam tari jaipong ini termasuk ke dalam tarian atraktif dimana gerakannya sangat dinamis. Kemudian, gerakan yang ada itu lebih dominan menggunakan tangan, bahu, dan pinggul yang digerakkan secara bersamaan, lincah dan dinamis.

Dalam pertunjukkan tari jaipong, music tradisional degung akan menjadi pengiring yang merupakan bagian penting dalam tarian ini. Alat music yang digunakan biasanya yaitu kendang, saron, gong, kecapi, dan lain-lain.

Pada penari secara berpasangan atau berkelompok, maka penari akan menari dengan gerakan yang harmonis atau selaras antara penari yang satu dengan penari yang lainnya. Selain itu, formasi juga dilakukan secara bervariasi atau berpindah-pindah sehingga sangat menambah keindahan.


Pencipta Tari Jaipong


Berdasarkan sejarah ynag beredar, Tari Jaipong pada awalnya diciptakan oleh seorang seniman asal Karawang bernama H. Suanda. Kemudian pada tahun 1976, tarian ini mulai diperkenalkan dan dipopulerkan melalui media kaset dengan nama “Suanda Grup”.

Instrumen musik atau pengiring pada saat itu masih sangat sederhana yaitu menggunakan kendang, kecrek, gong, ketuk, rebab, dan ditambah sinden sebagai penyanyi.

Pada saat itu masyarakat Karawang ternyata memberikan respon yang baik sehingga mereka memanfaatkan tarian ini sebagai sarana hiburan.

Kemudian, seniman bernama Gugun Gumbira mulai memperkenalkan tarian jaipong ini kepada masyarakat Bandung. Tujuannya yaitu untuk mengembangkan tarian asal Karawang ini di kota Bandung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kostum, Alat, dan Ciri Tari Jaipong

Peran Penting Jaipong

Keindahan dalam tari jaipong