Pengertian Tari Jaipong

Tari Jaipong
Tari jaipong adalah tarian yang berasal dari bandung jawa barat.Tarian tersebut merupakan tarian tradisional yang terpopuler,hampir sebagian masyarakat sudah pernah menonton tari jaipong. Tarian ini diciptakan oleh seorang seniman berdarah sunda yaitu Gugum Gumbira dan haji suanda. Tarian ini adalah gabungan dari beberapa kesenian tradisional seperti wayang golek,pencak silat,dan ketuk tilu.
Sehingga membuat gerakan dalam tarian sangat enerjik,ceria,serta humoris sehingga masyarakat yang ikut menonton menyaksikan tari jaipong ikut menari memperagakan gerakan nya.selain itu tari jaipong menyaksikan tawa para penonton nya, karena keunikan nya tari ini masih di minati masyarakat, khusus nya masyarakat jawa barat. Berbagai acara pentas seni yang mementaskan tarian ini membuat para masyarakat menjadi terhibur dan dengan menyaksikan tarian ini di suatu tempat masyarakat jadi lebih mudah bertemu untuk bertukar pikiran.
Meskipun banyak tarian modern yang bermunculan di era globalisasi pada saat ini, tari jaipong masih tetap banyak di minati masyarakat sekitar. Karna banyak diminato tarian ini menjadi salah satu icon untuk kekayaan daerah.
Dahulu pada saat masih menginjak sekolah dasar saya sangat suka nari dan berawal dari mengajari nari sampai terbentuk kemauan dan menyukai tarian. Awal nya bermulai dari acara perpisahan sekolah dan lama kelamaan jadi suka menari. Sanggar kami mulai didirikan pada tahun 2006 dan alhamdulillah banyak di minati warga sekitar dan selalu dapat juara juga. Siapakah yang biasa menari tarian jaipong?tarian ini mulai dari anak anak sampai remaja namun setelah dijalani pelatih lebih mudah mengajarkan anak anak daripada remaja itu adalah salah satu kesulitan nya.
Busana dalam tari jaipong bermacam macam tetapi lebih dominan berwarna cerah serta bawahan dengan motif batik busana yang di gunakan pada penari memang sengaja di buat agak longgar agar memudahkan gerakan penari karena dalam tari jaipong ini semua gerakan nya lincah. Pada bagian kepala biasanya rambut penari disanggul dan diberi hiasan bunga agar menarik dan menambah kecantikan penarinya serta di lengkapi selendang agar penari lebih terpaku memegang selendang nya dan agar terlihat lebih anggun.
Pementasan Tari Jaipong:
• Pada acara perpisahan sekolah
• Acara resepsi pernikahan
• Hiburan acara khitanan
• Dan acara kesenian
Dalam kesenian sanggar tari jaipong ino yang didirikan oleh ibu Memey dengan hanya modal tekad menyukai tarian,bisa mempunyai sanggar sendiri dengan berawal hanya ikut ikut orang lain menari sampai ia benar benar menyukai tarian. Dengan tujuan mengembangkan budaya, tarian tradisional agar tidak punah walaupun sangat banyak sekali tarian modern saat ini.
Bahkan yang melatih sanggar tari ini adalah ibu memey sendiri dan di dampingi oleh asisten nya yang bernama Meli, jadi pada saat ibu Memey tidak bisa melatih nari anak anak karena sakit atau ada kepentingan lain Mba Meli lah yang melatih nari menggantikan ibu Memey. Latihan nya setiap hari dan pada saat sore hari
Kelahiran tari jaipong pun menginspirasi para penggerak seni tari tradisional untuk lebih aktif lagi menggali jenis tarian rakyat yang sebelumnya kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat setempat kemunculan jenis tarian jaipong ini memberikan lahan bagi para pengikat seni yang membuka kursus untuk belajar memperdalam tari jaipong. Sementara pengusaha hiburan malam memanfaatkan pengunjung untuk memikat para pengusaha nya. Tari jaipong kerap di pertunjukan dalam acara pentas kesenian, tak hanya itu tarian jaipong juga kerap di tampilkan dalam acara dangdut.sehingga sering disebut goyang jaipong  hampir semua artis dangdut memeragakan gerakan jaipong diatas pentas. Meski demikian,jaipong selamat dari larangan setelah pemerintah indonesia melarang musik pop asing selama beberapa tahun. Jaipong kemudian menggila pada 1980an. Sekitar dekade 80 sampai 90an gugum menciptakan tarian lainnya seperti toka-toka,setra sari,sonteng,pencung,dan lainnya
Latar belakang penciptaan tari jaipong ini berawal saat presiden soekarno melarang masyarakat indonesia melaksanakan budaya asing. Sehingga,bapak gugum gumbira keliling se-jawa barat mensurvei etnik-etnik disana dan kemudian balik ke bandung.bapak gugum gumbira menemukan 3 etnik tersebut di jadikan bahan dasar tari jaipong. Sekarang ini jaipong telah di pentaskan di beberapa acara seperti pesta perhikahan,acara perpisahan,dan khitanan. Walaupun latar belakang tari jaipong di ciptakan oleh bapak gugum gumbira dari bandung namun masih ada perdebatan mengenai tarian jaipong. Perdebatan itu adalah. Apakah tari jaipong itu berasal dari karawang atau bandung tari jaipong telah menyebar luas di jawa barat dengan berbagai macam. Itulah alasan saya mengapa tari jaipong berasal dari jawa barat.
Fungsi tari jaipong adalah sebagai tempat sarana berkomunikasi antar manusia juga menjadi wahana untuk menghibur masyarakat karena sekarang banyak sekali budaya asing masuk ke indonesia.jaipongan adalah jenis tarian sosial tradisional orang sunda,karawang,jawa barat yang sangat populer di indonesia sebuah karya putera bangsa yang satu ini memang wajib kita akui sebagai salah satu karya besar di bidang seni budaya indonesia
Ini adalah beberapa manfaat dari tari jaipong:
1. Sebagai identitas dari kesenian budaya tradisional yang berasal dari bandung jawa barat supaya seluruh rakyat indonesia dapat mengetahui kesenian tradisional
2.Dapat di jadikan sebagai alat penyambutan tamu-tamu penting atau kertabat yang sedang melangsungkan pernikahan atau pesta lain
3. Dapat membangkitkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme pada generasi muda selanjutnya agar rasa kecintaan terhadap karya seni nasional budaya indonesia tetap terjaga dengan baik
4. sebaiknya di lestarikan dan di pertahankan keberadaan tari jaipong agar tidak punah di telan waktu atau untuk mencegah agar tidak ada bangsa tetangga yang mengaku bahwa tari jaipong adalah milik bangsa tersebut.
5. Memperkokoh rasa kesatuan dan persatuan dengan daerah lain yang ada di indonesia agar timbul rasa kebersamaan semangat persaudaraan dan rasa saling satu sebagai warga indonesia yang berbhineka tunggal ika.
6. Sebagai ciri khas atau pembeda diri tarian tradisional dan tarian daerah lainnya agar siapapun dapat mengetahui tarian tersebut berasal dari daerah mana atau provinsi.
7. Agar dapat di lestarikan sebagai seni yang bernilai tinggi di mancanegara guna untuk memperkenalkan keragaman budaya yang majemuk dan kaya akan tradisi yang tidak mudah dihancurkan oleh tarian dari budaya barat.untuk menunjukan pada generasi muda bahwa tarian tradisional jaipong adalah
8. Kekayaan budaya yang sangat unik dan tidak di miliki oleh bangsa lain.
9. Sebagai bukti di masa depan bahwa tarian jaipong adalah tarian yang membutuhkan stamina kuat,keluwesan tertentu,sarat dengan gerakan-gerakan yang mengandalkan keseimbangan gerak dan musik.
10. Menunjukan pada seniman sunda untuk tetap mempertahankan seni jaipong sebagai jati diri sebuah seni tari yang dapat menyampaikan pesan pesan.
Jadi kita sebagai warga negara indonesia harus melestarikan kebudayaan-kebudayaan tradisional walaupun banyak kebudayaan moderen di saat ini. Agar negara kita tidak di jajah berlarut larut oleh negara lain karena kita lebih memilih budaya moderen di bandingkan kebudayaan tradisional. Marilah kita sebagai generasi muda untuk ikut dalam melestarikan dan lebih menyukai kebudayaan daerah, kebudayaan tradisional agar tidak punah di telan zaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kostum, Alat, dan Ciri Tari Jaipong

Peran Penting Jaipong

Keindahan dalam tari jaipong