Upaya Pelestarian Seni Tari Tradisional



Seperti yang kita ketahui generasi muda sedang menggandrungi segala hal yang berbau modern. Seperti teknologi, fashion, sampai budayanya pun mengikuti budaya modern. Tidak dapat dipungkiri budaya modern tersebut sedikit demi sedikit telah menggerus budaya tradisional atau budaya asli Indonesia sendiri.

Contohnya yaitu seni budaya tari tradisional Indonesia, sekarang ini lebih banyak generasi muda yang menyukai modern, K-pop, R&B, Hip Hop, dan sebagainya dibandingkan dengan seni tari tradisional Indonesia yang sebenarnya mengandung nilai moral pada setiap gerakannya. Kondisi tersebut membuat seni tari tradisional semakin tersingkir dari posisinya.

Padahal jika bukan para generasi muda yang ikut melestarikan budaya tradisional kita, siapa lagi yang akan melestarikannya agar tetap eksis sampai zaman anak cucu kita nanti?

oleh sebab itu banyak sekali upaya yang dilakukan untuk melestarikan tari tradisional Indonesia yang digalakan oleh pemerintah Indonesia yang dijalankan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata (DISBUDPAR), yaitu dengan menyarankan sekolah-sekolah untuk mengadakan ekstrakulikuler menari (tari tradisional), mengadakan lomba-lomba tari tingkat nasional, seperti FL2SN dan lomba suku dinas pariwisata, dengan reward jika memenangkan kompetisi, anak tersebut akan lebih mudah masuk sekolah yang diinginkannya dengan jalur prestasi.

Namun, selain upaya pemerintah tersebut ada pula dari pihak swasta yang ikut serta dalam pelestarian seni budaya tari di Indonesia. Seperi seniman-seniman tari yang mendirikan sanggar sebagai wadah pelestarian seni tari tradisional untuk warga sekitar, dan juga perusahaan yang mengadakan event kompetisi tari sehingga membangkitkan minat generasi muda untuk mempelajari tari tradisional Indonesia.

Dari upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta tersebut, sedikit demi sedikit membuahkan hasil yang manis, yaitu dengan banyaknya anak muda sekarang menekuni seni tari tradisional. Bahkan, tidak sedikit juga diantara mereka yang mengikuti misi budaya dan kompetisi tari internasional, dan membawa penghargaan yang mengharumkan nama Indonesia di Luar negeri.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya tradisional, khususnya di bidang seni tari. Marilah generasi muda kita tanamkan rasa cinta kepada budaya kita sendiri, jangan sampai kesenian tari kita diakui oleh negara lain untuk kesekian kalinya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kostum, Alat, dan Ciri Tari Jaipong

Peran Penting Jaipong

Keindahan dalam tari jaipong