Peranan penting tari jaipong

                Peranan Penting Tari Jaipong
Peranan penting dari tarian jaipong adalah sebagai media hiburan dan ajang untuk berkomunikasi,berbagai acara pentas seni yang mementaskan tarian ini membuat para masyarakat menjadi terhibur. Karena bisa bertemu dengan orang-orang pada saat pertunjukkan tatian ini,serta memudahkan orang-orang untuk bertukar informasi lewat tarian ini pula. Meskipun banyak hiburan modern yang bermunculan pada saat ini, namun kesenian tradisional ini sampai sekarang masih banyak di minati warga sekitar dan menjadi hiburan yang menarik bagi masyarakat.
Karena banyak di minati masyarakat tari jaipong ini menjadi salah satu icon untuk mempromosikan kekayaan daerah,bandung sangat di untungkan karena adanya tarian jaipong ini. Seiring berjalan nya waktu maka peminat dan penonton tarian jaipong ini semakin hari semakin bertambah. Peminat dalam tarian jaipong ini tidak hanya ada di dalam negeri saja melainkan dari mancanegara juga banyak yang penasaran akan keunikan dari tarian jaipong ini. Untuk itu kenapa tarian ini menjadi andalan di jawa barat. Karena gerakan-gerakan pada tarian ini sangat enerjik,unik,dan sederhana. Meskipun sangat sederhana tarian ini memiliki ciri khas tersendiri sehingga di minati oleh masyarakat.
Berbeda dengan tarian lain,dimana tarian lain memiliki berbagai ragam gerak lainnya,tetapi ragam gerak tarian ini hanya memiliki 4 gerakan saja. Berikut beberapa gerakan dalam tarian jaipong:
1. BUKAAN
Gerakan tarian ini menunjukkan gerak pembukaan saat pementasan akan di mulai. Biasanya penari melakukan gerakan berjalan sambil berputar, sambil memainkan selendang yang berada di leher sang penari. Gerakan penari yang lemah gemulai membuat para penonton langsung tertarik untuk melihat tarian jaipong ini.
2. PENCUNGAN
Gerakan ini adalah gerakan tarian dengan tempo yang cepat, serta di iringi musik dengan tempo yang sangat cepat pula. Gerakan pancungan ini adalah gerakan tarian yang sangat semangat sehingga banyak penonton yang terbawa dan menikmati tarian ini.
3. NGALA
Ngala adalah gerak ini seperti gerakan tarian patah-patah. Perpindahan dari titik satu ke titik berikutnya di lakukan dengan tempo yang sangat cepat, gerakan ngala adalah gerakan yang menambah nilai keunikan gerakan tari jaipong.
4. MINCIT
Mincit adalah perpindahan satu gerakan ke ragam gerakkan lainnya. Saat menari gerakan ini di lakukan saat ada gerakan ngala jika anda pernah menonton tarian ini, entah itu langsung atau hanya lewat televisi maka anda akan paham dengan ragam gerakan ini .
BUSANA YANG DI GUNAKAN DALAM TARIAN JAIPONG
busana atau pakaian yang di gunakan oleh penari jaipong pada saat pementasan sangat beragam, busana pada tari tradisional dan  tari gaya baru terdapat perbedaan corak tetapi busana yang di gunakan pada saat menari tetap busana tradisional, ini adalah busan yang di gunakan pada penari jaipong:
1. Sinjang, walaupun pada saat ini sudah banyak kreasi dalam busana sinjang tarian ini, tetapi pada awal nya busana yang di kenakan adalah kain yang menyerupai celana panjang dan celana panjang inilah yang di sebut sinjang.
2. Sampur,kain panjang yang menyerupai selendang yang di letakkan di leher penari ini di sebut dengan sebutan sampur. Kain tersebut merupakan properti utama dalam tarian ini, karena pada setiap gerakan pasti memainkan sampur. Penari memainkan sampur dengan lemah gemulai dan unik membuat tarian tersebut di sukai banyak orang
3. Apok, merupakan baju atasan para penari,busana ini juga memiliki kancing seperti pakaian pada umumnya. Apok di hiasi dengan bordiran bungan-bunga  yang terdapat pada sudut-sudut pakaian.
Indonesia memiliki segudang kesenian dan kebudayaan yang sangat menarik untuk kita gali. Banyak sekali kesenian dan kebudayaan indonesia yang sudah mulai punah karena tergerus oleh perkembangan zaman yang semakin moder.tantangan globalisasi merupakan bagian tantangan  yang bersifat eksternal. Selain dari tantangan melainkan dari ancaman yang berasal dari keanekaragaman budaya dan suku bangsa yang bersifat internal. Perkrmbangan teknologi informasi menjadi salah satu sebab cepatnya terjadi suatu perubahan terhadap suatu bangsa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kostum, Alat, dan Ciri Tari Jaipong

Peran Penting Jaipong

Keindahan dalam tari jaipong